Friday, August 27, 2010

Aneka Potensi Kerajinan Di Jepara

Jepara itulah seng sering orang dengar sebagai Bumi Kartini yang terkenal dengan hasil lautnya, atau Persijap dibidang olah raga sepak bola, namun sesungguhnya Jepara juga kaya akan hasil kerajinan tangan yang bisa meningkatkan taraf hidup penduduk.

Jadi beruntunglah anak-anak muda yang ada di Jepara seperti Saya ini, karena jika kita bisa mengembangkanya dan lebih inovatif lagi dalam bidang kerajinan ini hidup kita Akan terjamin mengingat persaingan esok hari semakin ketat.

Inilah kerajinan-kerajinan yang bisa ditemui di kota Jepara yang variatif sesuai daerahnya mulai dari Jepara kota hingga kecamatan Mayong.

1. Ukir Jepara

Inilah kerajinan tangan yang paling terkenal dari Jepara yang tersohor sampai tingkat Internasional dan menjadi penghasilan mayoritas masyarakat Jepara dari ujung timur hingga ujung barat dan ujung utara sampai selatan.
Kerajinan ukir adalah kerajinan "Furniture" dari kayu yang di olah dengan hiasan-hiasan ukir khas Jepara yang mempunyai nilai jual tinggi di seluruh Indonesia maupun Internasional. Jadi inilah saatnya anak muda harus berfikir bagaimana lebih memajukan industri ini untuk masa depan lebih baik.

2. Tenun Ikat Troso

Ini kerajinan yang tak kalah larisnya di pasaran yang berasal dari Jepara yaitu tenun ikat dari Desa Troso Pecangaan Jepara. Kerajinan ini sangat laris di pasaran karena keunikan dan kualitas bahan serta motifnya yang khas, mayoritas di desa Troso masyarakatnya sebagai pembuat Tenun Ikat Troso ini yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat disana dan inilah salah satu ragam kerajinan di Jepara yang patut dikembangkan oleh para generasi-generasi selanjutnya khusunya masyarakat Desa Troso Pecangaan Jepara.


3. Monel Jepara

Monel atau tembaga putih inilah yang jadi bahan dasar dalam kerajinan yang ada di Kecamatan Kalinyamatan sampai Kecamatan Pecangaan, namun mayoritasnya berada di Desa Kriyan Kalinyamatan Jepara yang sudah lama masyarakat disana menggeluti industri kerajinan perhiasan dari monel ini.
Kerajinan monel ini adalah kerajinan perhiasan dari bahan baja putih yang sangat menarik dan harganya murah. Perhiasan tersebut meliputi cincin, kalung dan aksesori lainya. Dan industri ini sangat laris dipasaran di seluruh Indonesia karena keunikanya dan kualitasnya yang terjamin.

4. kerajinan Rotan

Ini juga salah satu kerajinan di Jepara yang terkenal yaitu kerajinan tangan dari rotan yang berada di Desa Teluk Wetan Kecamatan Welahan Jepara, dan mendominasi sebagai industri rumahan yang laris di pasaran.
Hasil industri ini diantaranya adalah mebel terbuat dari rotan yang telah dikembangkan menjadi sedemikian rupa dan laris hingga pasar internasional serta pernak-pernik lain yang terbuat dari rotan.

5. Genting dan Keramik Mayong

Kecamatan Mayong adalah kecamatan paling ujung timur di Kabupaten Jepara yang terkenal dengan kerajinan genting keramiknya, di Mayong banyak pengrajin gerabah dan pemroduksi genting dari tanah liat, dan mayoritas masyarakat Mayong adalah bekerja sebagai pembuat genting dan kerajinan keramik lainya yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka dengan kerajinan ini.
Selain itu kualitas genting dan keramik dari Mayong ini sangat baik dan berkualitas tentunya. Untuk properti rumah Anda jangan ragukan kualitas genting dari Mayong dan juga harganya pun terjangkau.



Nah demikianlah beragam kerajinan yang ada di Jepara dan keunikanya masing-masing yang dapat menjadikan Anda motivasi untuk lebih maju di esok hari. Dan untuk para generasi muda di daerah Jepara tentunya dapat lebih mengembangkan hasil kerajinan yang ada di daerah masing-masing. Dan semoga Jepara akan lebih maju di bidang industri kerajinanya.

No comments:

Post a Comment